Cara Gampang Membuat Sambal ala Warung Lamongan yang Enak Banget

Sambal ala Warung Lamongan.

Sambal ala Warung Lamongan

Sedang mencari inspirasi resep sambal ala warung lamongan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal ala warung lamongan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal ala warung lamongan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sambal ala warung lamongan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sambal ala warung lamongan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal ala Warung Lamongan memakai 10 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sambal ala Warung Lamongan:

  1. Gunakan 10 siung (30 gr) bawang putih.
  2. Siapkan 20 siung (40 gr) bawang merah.
  3. Ambil 2 buah tomat merah ukuran kecil (100 gr).
  4. Ambil 20 biji (30 gr) cabe keriting merah.
  5. Gunakan 20 biji (20 gr) cabe rawit.
  6. Ambil 1/2 sdt terasi (opsional, saya tidak pakai).
  7. Sediakan 1 sdm garam.
  8. Siapkan 1/2 sdm gula pasir.
  9. Gunakan 1/2 sdt penyedap rasa (Menurut penjual Warung Lamongan, untuk sambal lebih baik pakai micin/penyedap rasa. Karena jika memakai kaldu rasa ayam/sapi akan merubah rasa).
  10. Siapkan 1/2 biji jeruk sambal (opsional).

Cara menyiapkan Sambal ala Warung Lamongan:

  1. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng bawang merah. Setelah bawang merah setengah matang masukkan bawang putih. Goreng hingga sedikit kecoklatan. Sisihkan. (TIPS: masukkan bawang putih di akhir karena bawang putih lebih cepat gosong)..
  2. Goreng cabe keriting dan rawit. Setelah akan matang masukkan tomat. Goreng hingga sedikit layu. (TIPS: tomat lebih cepat matang maka dimasukkan terakhir)..
  3. Uleg semua bahan menjadi satu. Koreksi rasa sesuai selera. Untuk sambal Lamongan rasa cenderung asin dan gurih. Boleh dikucuri dengan jeruk sambal (opsional)..
  4. Sajikan Sambal ala Warung Lamongan dengan lalapan dan juga lauk kesukaan teman-teman. Rasanya gurih dan wangi 😍..

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal ala warung lamongan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel