Bagaimana Menyiapkan Sambal Matah Anti Gagal

Sambal Matah.

Sambal Matah

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal matah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal matah yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal matah, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal matah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sambal matah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sambal Matah memakai 11 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sambal Matah:

  1. Siapkan 20 butir bawang merah, iris2.
  2. Siapkan 6 buah cabe rawit, Iris2.
  3. Sediakan 1 sdt terasi matang.
  4. Sediakan 6 serai besar ambil tengahnya yg putih, iris2.
  5. Siapkan 5 helai daun jeruk buang tulang tengahnya, iris2 tipis.
  6. Ambil 1 buah jeruk nipis besar.
  7. Gunakan 1 buah jeruk purut besar.
  8. Sediakan 1 sdt garam.
  9. Gunakan 1 sdm gula pasir.
  10. Ambil Secukupnya kaldu jamur bubuk.
  11. Gunakan 5 sdm minyak sayur.

Langkah-langkah membuat Sambal Matah:

  1. Iris2 bawang merah, cabe rawit, daun jeruk dan irisan serai, masukkan dalam piring / mangkuk tahan panas, aduk rata..
  2. Bubuhi perasan air jeruk purut. Seperti ini jeruknya, bisa juga jeruk nipis atau lemon. Tambahkan gula dan garam, penyedap, remas2 atau tekan2/penyet dengan ulek2..
  3. Panaskan minyak sayur, lalu siramkan pelan2 ke dalam irisan sambal. Aduk2 hingga rata. Jangan lupa cek rasa, kalau kurang manis tambahin aja.. kurang perasan jeruknya tambahin juga.. Biasanya ada lebihan air setelah di aduk2.. nah itu umi buang sebagian...
  4. Hidangkan bersama ikan goreng atau tempe goreng dll....

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal matah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel