Cara Gampang Menyiapkan Sambal Raja khas Kutai Anti Gagal

Sambal Raja khas Kutai.

Sambal Raja khas Kutai

Sedang mencari ide resep sambal raja khas kutai yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal raja khas kutai yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal raja khas kutai, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal raja khas kutai yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal raja khas kutai yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal Raja khas Kutai menggunakan 10 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sambal Raja khas Kutai:

  1. Siapkan 1 buah terong.
  2. Ambil 10 lonjor Kacang.
  3. Sediakan 10 siung Bawang merah.
  4. Gunakan Bahan yang dihaluskan:.
  5. Siapkan 10 buah Cabe rawit.
  6. Sediakan 10 buah Cabe merah besar (buang bijinya).
  7. Siapkan 1 buah Terasi (saya pakai ABC bungkus kecil).
  8. Siapkan 2 buah Jeruk limau (saya pakai 1 buah Jeruk nipis).
  9. Gunakan 1/2 sdt Garam.
  10. Ambil 1 sdm Gula pasir.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Raja khas Kutai:

  1. Siapkan terong yang telah dipotong bentuk dadu, lalu potong-potong kacang panjang menjadi +/- 2 cm, dan potong-potong bawan merah menjadi 4 bagian;.
  2. Panaskan minyak, lalu goreng terong, kacang panjang, dan bawang merah hingga layu, sisihkan;.
  3. Ulek semua bahan yang dihaluskan, lalu beri air perasan jeruk. Untuk kulit jeruk jangan dibuang, karena akan diiris tipis untuk kemudian dimasukkan dalam sambal;.
  4. Panaskan sekitar 5 sdm minyak goreng, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi dan mengeluarkan minyak, selanjutnya masukkan gorengan terong, kacang panjang, dan bawang merah, aduk hingga merata;.
  5. Sebelum mematikan kompor, masukkan irisan kulit jeruk ke dalam sambal, lalu aduk kembali hingga rata, matikan kompor;.
  6. Sambal Raja siap disajikan sebagai pelengkap hidangan dan penggugah selera makan...Selamat mencoba dan menikmati:).

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal Raja khas Kutai yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel