Resep Pepes Ikan Pindang Kemangi Anti Gagal

Pepes Ikan Pindang Kemangi.

Pepes Ikan Pindang Kemangi

Lagi mencari inspirasi resep pepes ikan pindang kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pepes ikan pindang kemangi yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pepes ikan pindang kemangi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan pepes ikan pindang kemangi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pepes ikan pindang kemangi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pepes Ikan Pindang Kemangi menggunakan 13 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Pepes Ikan Pindang Kemangi:

  1. Sediakan 10 ikan pindang salem ukuran sedang.
  2. Sediakan Secukupnya daun pisang.
  3. Ambil Secukupnya kemangi.
  4. Siapkan 2 tomat ukuran sedang.
  5. Siapkan Bumbu halus.
  6. Sediakan 8 bawang merah.
  7. Ambil 5 bawang putih.
  8. Siapkan 16 cabe merah keriting.
  9. Sediakan 12 cabe merah rawit.
  10. Ambil 5 kemiri.
  11. Ambil 3 ruas kunyit.
  12. Sediakan 2 ruas jahe.
  13. Sediakan 1 sdt garam, 2 sdt gula pasir, 1/2 sdt masako ayam.

Langkah-langkah menyiapkan Pepes Ikan Pindang Kemangi:

  1. Bersihkan ikan pindang, aku ambil kepalanya aja biar ga kepanjangan saat di bungkus, sisihkan.
  2. Cuci bersih bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, cabe"an, tomat dan kemangi.
  3. Uleg halus bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, cabe"an, garam, gula dan masako ayam, koreksi rasa. Setelah halus masukan tomat yg sudah diiris kasar, uleg kasar jadi satu.
  4. Pindahkan bumbu halus ke wadah yg lebih besar, tambahkan kemangi, aduk rata. Saya pake banyak kemangi ya biar lebih sedep.
  5. Bungkus ikan pindang satu persatu ke dalam daun pisang. Caranya : rentangkan daun pisang, taruh 1 sdm bumbu pepes, tumpuk dengan ikan, taruh 1 sdm bumbu uleg lg ratakan dan tambahkan kemangi segar secukupnya. Gulung perlahan, dan sematkan lidi agar bumbu tidak bocor saat di kukus.
  6. Kukus bungkusan pepes selama kurleb 30 menit dgn api sedang.
  7. Panggang/bakar pepes yg sudah di kukus sampai daun pisangnya agak gosong agar lebih ada aroma asap" jadi lebih endul. Jangan lupa di balik sisi satunya yaa.
  8. Pepes ikan pindang siap dinikmati, pake nasi anget aja udah enak bgt bund. Ini resepnya pedes ya, klo tidak suka pedas bisa dikurangi porsi cabe keriting dan rawitnya. Selamat mencoba ❤.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pepes Ikan Pindang Kemangi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel