Resep Pepes Ikan Kembung Bumbu Kuning Anti Gagal

Pepes Ikan Kembung Bumbu Kuning.

Pepes Ikan Kembung Bumbu Kuning

Lagi mencari ide resep pepes ikan kembung bumbu kuning yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pepes ikan kembung bumbu kuning yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pepes ikan kembung bumbu kuning, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pepes ikan kembung bumbu kuning yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat pepes ikan kembung bumbu kuning yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pepes Ikan Kembung Bumbu Kuning menggunakan 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Pepes Ikan Kembung Bumbu Kuning:

  1. Sediakan 500 gram ikan kembung.
  2. Gunakan 1 buah jeruk nipis.
  3. Ambil 1 ikat daun kemangi, petik daunnya.
  4. Ambil 1 batang daun bawang diiris.
  5. Ambil 2 buah cabe merah diiris menyerong.
  6. Sediakan 15 butir bawang merah diiris.
  7. Ambil daun pisang untuk membungkus.
  8. Siapkan Haluskan :.
  9. Siapkan 10 butir kemiri disangrai.
  10. Sediakan 4 siung bawang putih.
  11. Siapkan 2 jari telunjuk sekitar 15 cm kunyit.
  12. Ambil 1/2-1 sdt gula pasir.
  13. Sediakan secukupnya garam.

Cara menyiapkan Pepes Ikan Kembung Bumbu Kuning:

  1. Bersihkan ikan, keluarkan bagian dalamnya lalu kerat-kerat serta serta buang insangnya. Cuci bersih kemudian lumuri dengan air jeruk nipis selama 15 menit..
  2. Campurkan bumbu halus dengan irisan bawang merah, cabe merah dan daun bawang. Aduk rata dan lumuri pada ikan, masukkan juga hingga ke bagian dalam ikan agar bumbu lebih menyerap..
  3. Siapkan daun pisang, alasi dengan daun kemangi lalu letakkan ikan yang berlumur bumbu. Taruh lagi daun kemangi di bagian atasnya, bungkus rapih serta sematkan dengan lidi di kedua ujungnya. Untuk masing-masing bungkusan bisa diatur sesuai selera, bisa satu, dua ekor atau semua ikan (4 ekor) hanya dalam satu bungkus..
  4. Panaskan kukusan, masukkan bungkusan ikan dan kukus hingga 30 menit atau matang lalu angkat dan siap untuk disajikan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pepes ikan kembung bumbu kuning yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel